Tune up ringan sepeda motor lengkap, bisa menambah performa motor part 2. Ikuti langkah-langkahnya!
Untuk postingan ini bertujuan melanjutkan pada artikel sebelumnya, memang disengaja saya beri judul yang sama dan di tambahkan per part agar lebih mudah untuk pemahaman. Sebab dari di pisahnya artikel tentang tune up ringan sepeda motor karena tidak ketidakcukupan penulisan pada laman sebelumnya. Dan lanjutan dari hal terkait sebagai berikut.
H. Penyetelan Sistem Kopling
1. Penyetelan Pada Sistem Kopling Dengan menggunakan Kabel
Cara pemeriksaan.
Ukur jarak main bebas kopling pada ujung handle kopling. Dengan jarak main bebas standar (10-20mm)
- Jika jarak main bebas kopling terlampau besar, pengoperasian gigi transmisi akan sukar masuk dan kendaraan cenderung meloncat pada awal start.
- Bila jarak main bebas kopling terlalu kecil, akam mengakibatkan kopling slip.
Cara Penyetelan.
Penyetelan utama dilakukan pada clutch arm (lengan penekan kopling), dengan cara melonggarkan lock nut terlebih dahulu kemudian memutar nut adjuster sesuai jarak main bebas standar.
Perlu di perhatikan, sebelum melakukan penyetelan pada clutch arm (lengan penekan kopling), posisi adjuster pada ujung kabel kopling (atas) harus pada posisi ulir adjuster di sekrupkan penuh.
Penyetelan berikutnya di lakukan pada ujung kabel kopling (atas), dengan cara melonggarkan lock nut dan putar adjuster sesuai jarak main bebas standar.
Catatan:
Adjuster (setelan kopling) dudukan kopling akan rusak bila penyetelan pada ujung kabel kopling (atas) terlampau jauh keluar, tinggalkan beberapa ulir untuk penahan adjuster.
2. Penyetelan Pada Sistem Kopling Otomatis
Cara pemeriksaan.
- Hidupkan mesin dan masukan persneling ke gigi 1, kemudian pedal kopling tetap di tekan kaki.
- Gas tangan dibesar-besarkan sambil di rasakan, dan pastikan bahwa pada sepeda motor tidak boleh ada gerakan berlebihan atau usaha untuk maju.
- Periksa juga pergerakan pertama/start maju, tidak terasa ada sentuhan dan pemindahan setiap tingkat gigi persneling mudah/lancar.
Cara Penyetelan.
Longgarkan mur pengikat, putar baut penyetel searah jarum jam kurang lebih satu putaran kemudian dari posisi ini, putar kembali baut penyetel berlawanan jarum jam sampai terasa ada sentuhan. Setelah itu putar kembali searah jarum jam 1/4 putaran dan tahan baut penyetel, dan kencangkan mur pengikat.
I. Penyetelan Sekrup Udara
Tujuan : untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.
Syaratnya : Mesin harus dalam keadaan hangat untuk mendapatkan ketepatan penyetelan, mesin hidupkan selama kurang lebih 10 menit.
Cara Penyetelan.
1. Putar sekrup udara searah jarum jam sampai duduk dengan ringan dan kemudian kembalikan pada posisi sesuai spesifukasi yang du berikan.
2. Hangatkan mesin sampai mencapai pada suhu operasi.
3. Matikan mesin dan pasang tachometer di sesuaikan dengan intruksi penggunaan oleh pabrik pemroduksi tachometer.
4. Hidupkan mesin dan setel putaran stasioner mesin dengan sekrup penahan skep. Putaran stasioner (1400rpm)
5. Putar sekrup udara masuk atau keluar secara perlahan sampai tercapai putaran mesin tertinggi.
6. Ulangi langkah 4 dan 5.
7. Setel kembali putaran stasioner mesin dengan memutar sekrup penahan skep. Putaran stasioner (1400rpm)
8. Putar gas tangan perlahan-lahan dan periksa apakah keceoatan putaran mesin naik secara halus, jika tidak silahkan ulangi langkah 4 sampai dengan langkah ke 7.
Diatas adalah serangkaian cara dan langkah-langkah untuk tune up ringan pada sepeda motor. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
Saya tambah catatan untuk macam-macam celah katup khusus sepeda motor merk Honda.
Terima kasih atas kunjungannya
Editor : Fajar Sodiq
Comments